3 Tips Mengawetkan Bunga Kering Agar Tidak Berjamur

Penulis : FR, 13 Januari 2022

Source : Doc. PT Athena Ruang Belajar (www.aroom.id)

Mengawetkan bunga dengan mengeringkannya saja ternyata tidak cukup membuatnya dapat bertahan lama. Tak jarang pula kita menemukan bunga yang sudah dikeringkan namun malah berkutu dan berjamur. Lalu, gimana sih caranya supaya bunga yang dikeringkan tetap cantik dan awet?
Simak beberapa tips sederhana di bawah ini!

1. Penyimpanan Bunga Kering yang Baik

Source : homestolove.co.nz

Bunga kering tidak boleh di simpan di tempat tertutup, minim cahaya, lembab, dan tidak ada sirkulasi udara. Sebaiknya bunga-bunga kering disimpan di tempat yang sejuk, berongga atau memiliki celah-celah besar agar terjadi sirkulasi udara nya baik dan tidak lembab. Namun tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung.

2. Semprot Menggunakan Hairspray

Source : driedflowercraft.co.uk

Semprotkan hairspray secara merata pada bunga kering, dari kelopak bunga hingga batang bunga dan biarkan sampai mengering. Pilihlah hairspray yang memiliki kekakuan yang tinggi dan wanginya tidak terlalu menyengat karena dapat mempengaruhi wangi dari bunga kering itu sendiri.
Selain membuat kaku dan awet, cara ini juga akan membuat pigmen dari bunga kering terlihat lebih berwarna sehingga tidak pucat. Oh! Dan ada beberapa varian hairspray yang dapat membuat bunga kering terlihat lebih hidup dan mengkilap.

3. Membakar Bunga Kering

Source : notonthehighstreet

Sebelum menyimpan bunga, pastikan bunga tersebut benar benar kering. Bunga kering yang baik memiliki tekstur yang keras, padat, dan garing, tapi tidak rapuh dan mudah sobek. Jika bunga kurang kering, bunga cepat berjamur dan membusuk.
Jika kamu mendapatkan bunga yang memiliki tingkat kekeringan yang jelek, kamu bisa coba untuk membakarnya dengan microwave menggunakan silica gel penyerap lembab, dan kotak plastik khusus microwave.
Masukkan silica gel ke dalam kotak plastik khusus microwave hingga penuh. Setelah itu masukkan bunga kering tadi dan usahakan posisinya menghadap ke atas dengan jarak antar bunga tidak berdekatan. Lalu, ambil 1 gelas air, sekotak bunga kering, serta silica gel dan masukkan ke microwave.
Panaskan microwave selama 2 menit menggunakan suhu rendah. Setelah itu dikeluarkan dan bisa kamu jadikan hiasan meja.
Itulah beberapa tips agar bunga kering kamu tidak mudah berjamur dan busuk. Selain itu, untuk merawat bunga kering, kamu bisa membersihkan debu dari bunga dan menyemprotnya dengan alkohol.

Source : Doc. PT Athena Ruang Belajar (www.aroom.id)

Eitss… di aroom kamu bisa belajar mengeringkan bunga yang gampang, simple, dan bikin bunga jadi lebih awet loh! Mau belajar mulai dari mengeringkan bunga, merangkai bunga kering hingga cara perawatannya secara lebih detail? Ikuti kursus online untuk merangkai bunga / flower arrangement di aroom.id !

Related Article

Leave A Comment